Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa


Jujur, ihlas, sportif, berani mengabdi, teguh pendirian, dan elegan. Pangkat-pangkat inilah yang layak disandang para pendekar dari Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) Pagar Nusa.

Lagi pula para pendekar dunia persialatan ini tak terlalu butuh pangkat-pangkat basah di pemerintahan yang akhir-akhir ini ramai diperebutkan orang banyak. Para pendekarlah sebenarnya yang berada di barisan terdepan perjuangan mendapatkan ”kedaulatan” negeri ini sekalipun belakangan nama mereka tidak banyak mendapatkan tempat dalam catatan sejarah yang didominasi oleh para diplomat dan politisi.

Di tengah-tengah kerumunan ratusan pendekar berbaju, celana, dan kopyah atau julbab hitam kelam itu penulis menemukan semangat menggebu-gebu untuk memperbaiki kondisi Nusantara yang telah dikacaukan oleh ”para pendekar berwatak jahat.” IPS-NU Pagar Nusa mengadakan Kongres di Pesantren Ciganjur Jakarta asuhan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Jum’at-Ahad (23-25 September 2005) lalu.

Menjelang pelaksanaan kongres saya sempat berbincang dengan Ketua Umum IPS-NU Pagar Nusa yang selanjutnya terpilih kembali. Dialah Prof. DR. KH. Suharbillah. Perbincagan berlangsung akrab dan sama sekali tanpa rasa takut meski saat itu penulis berhadapan dengan seorang pimpinan pendekar yang brewokan dan bertubuh besar kekar. Salah satu ucapan Kiai Suharbillah yang penting begini:

”Saya sempat mendapatkan telepon dari oknum yang mengatasnamakan pengurus wilayah Pagar Nusa. Dia mengaku menawarkan wilayahnya untuk memilih saya sebagai Ketua Umum Pagar Nusa Periode 2005-2010. Namun dia bertanya kompensasi apa yang hendak saya berikan kepada wilayah itu. Saya balik bertanya, apakah Pagar Nusa sekarang sudah seperti itu?!”

Ya. Memang dalam banyak hal paguyuban (jamaah) yang empunya kejelasan kekuatan ”fisik” dan massa menjadi bahan-bakar utama untuk menjadi alat politik, dan dengan begitu para pentolannya tergolong orang yang berpunya. Namun Pagar Nusa tidak termasuk dalam bahagian itu.

”Saya sempat menawarkan kepada para pengurus Pagar Nusa, apakah kongres ini model Ansor atau model NU. Kalau model Ansor para anggotanya di kasih sangu. Namun kalau model NU malah dimintai urunan. Ternyata warga Pagar Nusa Lebih memilih model NU,” kata Kiai Suharbillah. Dua idealtipe barusan seharusnya tidak ada, namun kadang menjadi problem ideologis yang pertama-tama harus diperbincangkan secara intern, diselesaikan sampai tuntas.

Para pengurus cabang IPS-NU Pagar Nusa berangkat ke Jakarta dari daerahnya masing-masing, Jawa dan luar Jawa, dengan biaya sendiri. Sedari awal Kiai Suharbillah berpesan, ”Kami pengurus pusat tidak menyediakan tiket. Tiketnya nanti di surga dan insyallah lebih mahal harganya.” Itupun para pengurus Pagar Nusa yang hadir dimintai iuran 100 sampai 300 ribu-an percabang; jumlah yang lumayan besar untuk kebanyakan warga Pagar Nusa.

Budaya Bangsa

Jika Jam’iyyah Nahdlatul Ulama dan kalangan pesantren mengaku sebagai penjaga tradisi, maka Pagar Nusalah anak NU yang paling cinta dengan budayanya. Misalnya saja, jurus-jurus yang ada dalam Pagar Nusa tidak harus satu barisan namun disesuaikan dengan trend pencak di daerah masing-masing dan dinamai dengan nama daerahnya. Ada jurus Cimande, Kediri, Pasuruan, dan daerah lainnya. Pagar Nusa tidak terlalu gemar mengimpor jurus-jurus silat dari Asing apalagi sampai menamai jurus silatnya dengan istilah asing yang apalagi ngetrend.

”Sama dengan pesantren yang dulu-dulu itu. Namanya selalu identik dengan nama daerahnya. Ada Pesantren Lirboyo, Tebuireng, Langitan, dan seterusnya. Inilah pesantren yang asli, bukan pesantren yang belakangan dinamai dengan memakai nama dari bahasa Arab,” kata Kiai Suharbillah.

Tema yang diusung dalam kongres Pagar Nusa kali ini adalah ”Berjuang Menegakkan Moralitas dan Budaya Bangsa.” Pagar Nusa bertekat mengisi ruangnya sendiri sekalipun ruangnya yang lama dan klasik dan tak harus sama dengan yang lain. ”Kami akan menngalakkan gerakan ekonomi di seluruh basis NU dengan cara mengampanyekan kembali semboyan cinta terhadap produk sendiri, terutama produk dari warga Nahdliyyin, dan agar kembali ke model perekonomian lama yang merakyat yakni model koprasi,” kata Kiai Suharbillah.

Para pendekar IPS-NU Pagar Nusa tidak hendak ambisius ingin menyelesaikan problem Nusantara yang semakin edan ini secara cepat dan revolusioner, namun secara pasti mengambil perannya sendiri. ”Dalam soal kenaikan BBM kami tidak ingin memihak sana-sini. Kami hanya bertugas agar konflik yang terjadi akibat kenaikan BBM tidak semakin parah,” kata Kiai Suharbillah. Semoga bisa.

(a khoirul anam)

APA ITU PAGAR NUSA ?

Nama lengkap organisasi ini adalah Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama’ Pagar Nusa disingkat IPSNU Pagar Nusa. Sedangkan Pagar Nusa sendiri merupakan akronim dari Pagar NU dan Bangsa.
IPSNU Pagar Nusa adalah satu – satunya wadah yang sah bagi organisasi pancak silat di lingkungan Nahdlatul Ulama’ berdasarkan keputusan Muktamar.
Organisasi ini berstatus lembaga milik Nahdlatul Ulama’ yang penyelenggaraan dan pertanggungjawabannya sama sebagaimana lembaga – lembaga NU lainnya.
Status resmi kelembagaan inilah yang menjadikan Pagar Nusa wajib dilestarikan dan dikembangkan oleh seluruh warga NU dengan mengecualikan pencak silat atau beladiri lainnya.
Segala kegiatan yang berhubungan dengan pencak silat dan beladiri dengan segenap aspeknya dari fisik sampai mental, dari pendidikan sampai sistem pengamanan dan lain – lain merupakan bidang garapan bagi lembaga ini.

VISI DAN MISI

Pagar Nusa ber-Aqidah ala Ahlussunnah wal Jama’ah dengan asas organisasi Pancasila. Pagar Nusa mengusahakan :
Berlakunya Ajaran Islam berhaluan Ahlussunnah wal Jama’ah di tengah-tengah kehidupan negar kesatuan Repubil Indonesia yang ber-Pancasila.
Pelestarian, pembinaan, dan pengembangan pencak silat baik seni, beladiri, mental spiritual, maupun olahraga / kesehatan khususnya di lingkungan NU maupun di lingkungan warga bangsa lain pada umumnya.

ANGGOTA
Keanggotaan diatur dalam Peraturan Dasar dengan kriteria mudah yaitu warga Nahdlatul Ulama’ :
Mulai kanak – kanak sampai sesepuh ( batasan usia )
Dari yang belum mengenal pencak silat sampai yang mahir ( batasan kemampuan )
Sistem penjenjangan anggota dll, disesuaikan dengan kemampuan, usia, dan kebutuhan

MATERI PENCAK SILAT
Materi Pencak Silat Pagar Nusa Bakudi susun oleh tim yang terdiri dari dewan dan sumber lain dari berbagai aliran asli dari seluruh Indonesia seperti Cimande, Cikaret, Cikampek, Cikalong, Minang, Mandar, Mataram, dll. secara sistematis dengan metode modern.
Penyusunan jurus baku, baik fisik maupun non fisik dilakukan secara bertahap, memakan waktu bertahun – tahun dan sampai kini masih dilakukan penggalian – penggalian untuk paket selanjutnya.
Materi baku telah dilengkapi Buku Panduan bergambar, Kaset, dan VCD, dapat dibeli di bagian perlengkapan pusat.

FISIK BAKU
Gerak Dasar
Paket Kanak – kanak ( setingkat TK )
Paket I A & B ( setingkat SD )
Paket II A & B ( setingkat SMP )
Paket III A & B ( setingkat SMU )
Paket Beladiri ( setingkat perguruan tinggi )
Pencapaian jurus fisik baku menjadi tolak ukur tingkatan sebagai jenjang latihan. Warna Dasar Badge pada sabuk tingkatan menyesuaikan dengan penjenjangan tersebut.
Pendalaman = Seni Festival, Lomba, dll.
= Beladiri Terapan, Keamanan, dll.
= Olahraga Pertandingan, Senam Massal, dll.
= Kesehatan Pijat, Pernafasan, Obat, dll.
= Dan Lain – Lain.

NON FISIK BAKU
Ijazah
Jurus Asma’ul Husna
Jurus Taqorrub
Pendalaman = Pengisian Badan Langsung / Instan
Pengisian Bertahap Sesuai Jurus
Pengisian Barang
Pengobatan Non Fisik
Atraksi
Do’a
dll.

MANFAAT
Bergabung dengan Pagar Nusa bermanfaat, baik sosio kultural, edukatif maupun personal.

PERANGKAT LPS NU PAGAR NUSA

Disamping Struktur kepengurusan, Pagar Nusa memiliki perangkat organisasi yang dibentuk hanya ditingkat pusat sbb :

DEWAN BESAR GURU KHOS
Yaitu Ulama – Ulama Sepuh yang sangat mumpuni baik lahir maupun batin yang menjadi rujukan terakhir bagi keputusan – keputusan penting dan merupakan back up utama LPSNU
Dewan Besar Guru Khos antara lain :

118 comments on “Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa

  1. apa kabar pagarnusa se DKI Jakarta semoga baik selalu,khususnya Dewan Khos ana cuman mau bilang ana tinggal di pusat pagarnusa DKI Jakarta,pagarnusa DKI Jakarta banyak sekali cabangnya contohnya di daerah Bandengan

  2. asslmkum…
    slm pagar nusa…semoga kita tetap dalam lindungan Allah SWT..
    PAGAR NUSA cabang nganjuk tetap oke..
    kritik ,saran kami tunggu…
    wlaikum salam…..

    • Assalamualaikum..wr.wb
      kagem sedoyo santri LPSNU PAGAR NUSA NGANJUK…
      monggo kang dipun tambah silaturohminipun melalui kumpulan2.. pembentukan panitia ingkang luwih solid kagem nyusun event kang.. ben g’ sepi pagar nusa nganjuk… qt rapatkan barisan di kantor cabang LPSNU PAGARNUSA nganjuk…. untuk memperjelas existensi dan pegabdian qito sedoyo kagem masyarakat nganjuk…sehinggo PAGAR NUSA tidak lgi dipun ragukan keberadaanya dlm kiprahnya kagem masyarakat nganjuk khusus ipun..
      wassalamualaikum wr.wb..
      saking ranting LPSNU PAGARNUSA Kapas…sukomoro.

    • TO; KANG AKBAR ranting pagar nusa sumsil di kab oki ponpes hidayatul mubtadiin rantau durian lempuing jaya oki nsumsel ( KH NASHIRUDIN SIRAJ)

  3. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Sedulur Pati Pagar Nusa, saya dari PN Jombang .
    mau tanya, Ranting PN di Palembang Sumsel dimana?

  4. salam pagar nusa khususnya warga nganjuk……

    ass….
    saya dari PN nganjuk tepatnya warga PN nganjuk warujayeng kampung baru
    tapi saya tinggal di sby…klo boleh tanya gus…apa di sby jga banyak cabangnya pagar nusa…dan di jember apa jga banyak tyuz klo memang ada tolong dong kasih tau di mna aja….karna saya dan rekan2x saya ingin mengunjungi mereka supaya tambah tali silaturrohmi….tolong cepat informasinya ya…..good luck untuk pagar nusa moga selalu menjadi pahlawan bagi bangsa dan agama AMIN…….makasih maaf bila ada kata yang kurang berkenan!!

  5. assalamualaikum poro sedulur akmi warga pagarnusa banyuwangi gak mau kalah ikut nimbrung biar rame tali persaudaraannya. jaya terus pagarnusa banyuwangi jaya pagarnusa di seluruh indonesia. Amiin.

  6. Para waga orgnisasi pagar nusa, selalu kompak,, dan jangan sampe ikut organisasi lain, dan jangan sampe mengecewaka organisasi pagar nusa,, (timbang suwek lambangku angur suwek wetengku)
    ni saran anak-anak mbliming, Loceret, kab. nganjuk.

  7. ass.wr.wb pagar nusa
    saya pagar nusa nganjuk ingin mengucapkan SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA MOGAAMALAN2 DI BLAN PUSA INI DI TERIMA ALLAH SWT.
    AMIEN………………………………………………………………………
    PAGAR NUSA NGANJUK SLLAU NOMOR 1 DI NGANJUK

  8. ass. wr. wb.
    mau tanya untuk anak2 usia 5 tahun bisa gak ikut belajar di perguruan Pagar Nusa, saya tinggal di depok (krukut, ds. limo), di daerah sana cabang yang dekat dimana ya mohon info alamat dan no. telp harap bisa dikirim ke ircantona@yahoo.com.

    terima kasih.
    irwan

  9. salam pagar nusa, saya warga pagar nusa dari nganjuk (ranting ngadipiro/dukuan), warga PN mohon dibantu untuk warga disini, soal jurus TK & SD soalnya disini pelatihnya pada kerja semua,tyuz yang dirumah kebanyakan udah pada lupa, tolong ya yang punya buku atau mw bantu email aja ke emailq. Salam Pagar Nusa (Alap – Alap Samber Nyowo)

  10. assalam mualaikum saudara pagarnusa : …………………
    saudara 2 aku minta doa nya ditempat ku ni br mau saya buka pagar nusa …..
    jadi saya minta doanya dan dukungan nya

  11. buat teman-temanku yang ada di prambon nganjuk aku akan ingat kalian semua kawan…..
    kususnya buat guruku bpk khozin efendi grompol tanjung tani….yang sangat saya muliakan……
    thanks………
    by khadafi from medan city sumatra utara
    jaya terus pagar nusa slalu dihati pagar nusa it is the best….

  12. aku kamgen aku kepingin tanding / bertarung di gelanggang bebas/open door
    dimedan gak ada yang namanya gelanggang bebas…..
    bwt anak-anak perambon nganjuk berlatih dengan sungguh-sungguh….
    trima kasih buat seniorku kang paidul kang andre kang sudar kang badi
    hormat saya untuk yangmulia bpk khozin efendi…..
    pagar nusa slalu terdepan….

  13. Salam Pagar Nusa,,,,,!
    semoga Allah tetap melindungi kita dan bagi cabang bojonegoro tetep jaya yooo. oke plen..

  14. di manakah alamat perguruan pagar nusa yg sekiranya dket sama tempat tinggal saya..saya ada di jagakarsa..mohon infonya…

  15. saya mau ikut perguruan pagar nusa,., wilayah jatim surabaya,., tempat pendaftaran nya dimana ya ? saya tinggal kan no hp,. 085730005734 ,. semoga dari slh satu pengurus bisa contec saya,. trimakasih wassalamualaikum

  16. assalamualaikum.
    saya novan dari ciledug, mohon minta alamat tempat latihan di jakarta/tangerang, karena saya ingin bergabung di pagar nusa
    trima kasih

  17. Asslmu ‘alaikm
    sya sdari pagarnusa dri daerah lampung
    mohon bantuannya mas
    gmna kami bisa mensdapatkan buku-buku tntang keorganisasian pagarnusa
    dssini kami bnyak yg blum tau,mski jmlah anggota sdsini sdsah mncpai ribuan sdi kcamatan kami
    mohon infonya ke emailnya mas
    trimakasih
    wassalamu ‘alaikum

    • ASSALAMUALAIKUM KALU SAMPEAN PINGIN BERGABUNG SILAHKAN DATANG KE PONDOK N U. PASTI ADA LATIHAN PENCAK DI SANA KARENA BASIS DARI PAGAR NUSA IKU DI PESANTREN

  18. assalamualaikum saya ucapkan kepada warga pagar nusa yang ad dimana aj
    saya dari padepokan alap-alap samber moto cabang nganjuk
    saya cuma berpesan buwat santri-santri pagar nusa agar jangan buwat keributan ilmu itu takan berguna n bermanfaat kalau kamu pakek kesombongan karena ilmu itu hanya utuk diamalkan bkan disombongkan
    ingat “MUSUH GAK USAH DICARI TAPI KALAU ADA MUSUH JANGAN LARI”

    SALAM PAGAR NUSA

    WASSALAMUALAIKUM…………

    • ASSALAMUALAIKUM …
      saya mau tanya tempat latihan pagar nusa di surabaya timur dimana ?
      maaf yang tadi salah.
      terima kasih…

  19. assalamu’alaikum sedulur Pesilat Nahdlatul Ulama’,
    saya PN dari sragen – jateng n sekarang di jogy mo cari sodara” pesilat NU blom tahu lokasiny tolong infonya trims

  20. Assalamualaikum,
    perguruan pagar nusa yang terdekat dari pinang ranti dimana? Tolong kirim alamat dan nomor telephonnya ke e-mail saya.
    Terima kasih.

  21. salam pagar nusa,
    saya warga pagar nusa ponorogo, dan membutuhkan buku panduan/ VCD untuk memperdalam serta melatih santri kami yang baru. dimanakah saya bisa mendapatkan buku/materi tersebut nggih…!
    terimakasih.

  22. ilmu hrus d cri etapi jka sdaaah dpat hrus d amalkan, bgaikan km sdang beljar solat, jka km mninggalkan solat mka km akan dosa apkah km sdah siap ikut PN yg pengajarany pnuh dengn keihklasan dlam segla bdang trutma wktu.

  23. assalamualaikum wb.wb,,,, sbg mana di jelaskan bhwa pagar nusa adalah penjaga dan pelestari tradisi khusus nya ilmu bela diri. sbgai mana pagelaran pencak dhor yang ada di blitar dan kediri yang sering aku ikuti, saya yakin itu tujuan nya adalah bagian dari cara untuk mengasah kemampuan pemuda2 dalam ulah kanuragan PENCAK SILAT.tapi apa yang di tampil kan dalam pencak dhor itu? jauh dari kepiawaian bela diri pencak sillat. bahkan bisa d katakan telah di dominasi pertarungan ala BOXING.. aneh nya itulah yang trjadi dalam stiap pagelaran pencak dhor.kalo sudah begini apakah masih relevan pencak dhor itu d katakan sbgai wadah untuk melestarikan ilmu bela diri pencak silat?. aneh nya wasit maupun MC yang memandu jalan nya pncak dhor itu sama sekali tidak merasa risih dengan petarung2 boxing yang mendominasi pertarungan itu. justru memberikan applause meriah. saya kok merasa heran. pencak dhor itu hasil jerih payah para sesepuh2 pesilat, jerih payah mereka.materi n immateri tentu mereka curah kan demi 1 niat “DEMI LESTARI NYA KHASANAH BUDAYA BANGSA YANG BERNAMA PENCAK SILAT”. tapi setelah panggung kokoh tlah berdiri dan siap untuk bertarung yang tampil adalah petarung yang bergulat tanpa alur nya seni pencak silat. seni dan keindahan pencak silat tidak tampak lagi.,…. jerih payah para sesepuh pesilat kita justru di manfaat kan para petinju2 itu.ironis kan?….gelanggang yang semestinya untuk para pesilat kini telah di kuasai oleh para boxer2 dengan gaya bertarung mrk. apakah tidak ada tindakan dari para psilat untuk menanggulangi tradisi yang telah di “SELEWENGKAN INI”. tidak ada maksud negatif dari tulisan ku ini. tiada lain tujuan ku hanya ingin melihat seni pencak silat itu seutuh nya. dalam kamus hanya ada PENCAK DHOR bukan TINJU DHOR macam itu. jika tradisi pencak dhor yang smcm ini trus di langgengkan saya yakin, pagelaran pencak dhor bukan lagi wadah pelestari seni pencak silat, tapi justru akan jadi wadah “PEMUSNAH” seni pencak silat. mohon para sesepuh dan smua pihak pecinta seni pencak silat bisa mengembalikan lagi pencak dhor pada hakiki nya pencak silat. dengan harapan generasi mendatang akan tahu pencak silat itu hakekat nya bagaimana. tradisi akan lestari dan jerih payah para sesepuh pesilat tidak sia sia belaka. itu harapan kami. smoga allah azza wa jalla senantiasa membimbing kita. BISMILLAH TAWAKKAL NA ALALLOH

  24. Assalamualaikum. . .
    Pak saya pengen masuk PN tapi saya pengen masuk dari cabang bojonegoro & saya belum tahu alamatnya.bisa ngasih tahu alamatnya?
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

  25. Kawan saya mau tanya??? Aku rencananya mau sekolah MA di Pesantren daerah jatim, teruz ortu mintanya sekolah pesantrennya yg negeri bkan yang swasta,, saya juga ingin yang ada PN-nya… Minta saran dong!! Pondok pesantren yang ada Sekolah MA negeri dan ada PN,, ditunggu sarannya…

  26. asskum.,kulo warga pgar nusa,ranting sakeng blitang.,kulo nyuwun do’a rstunepun,insy allah,kulo sa’ rencang bade bikak teng daerh blitang,mugi” mboten enten alangan punopo2.amin.wsslm..

  27. Untuk melanjutkan tradisi harus ada calon penerus.
    Saya mau tanya, untuk wilayah Yogyakarta pendaftaran dimana ya?
    Saya tinggalkan nomer HaPe saya
    terimakasih
    085643350881

  28. Asalamualaikum,,,,, mau nanya nih ,,, cabang perguruan PAGAR NUSA di surabaya dimana ia,,, mohon infonya ia gan,,,, ni no saya,,,085645331445

    Maturnuwun :D

  29. saya mau ikut belajar silat,mohon kasih alamat lengkapnya didaerah jakarta harap di sms ke 085781085076 yuni

  30. permisi gan, ane tertarik dengan silat pagar nusa, ada yg tahu alamat tempat latihan dan contact person buat latihan, di daerah kota depok dan sekitarnya??
    Sekian terima kasih….

  31. apakah pagar nusa menyuruh anggota atau siswanya solat?
    kelihatanya tidak!
    kalau tidak, gimana mau junjung dan melindungi nahdhotul ulama

  32. rugi namanya pagar nusa kalau gak solat …………..
    para pendekar pagar nusa ingat siapa pendiri pagarnusa beliau adalah ky… jadi rugi kalau gak solat

  33. asamualaikum ,,,
    salan pagarnusa ,, mohon di infokan dong cabang pagar nusa di Sby Selatan , 085706070747 ,,, kami asli gresik

  34. assalamualaikum mas saya minta alamat pelatihan pagar nusa yang ada d depok dong kalau bisa sama nomer handphone nya ya ..
    Trimakasih

  35. assalamualaikum,
    sy Hisyam di bojongsari Depok, dah lama sy cari info tmpt latihan PN d daerah sini, tpi lum dapat jga, mohon info tempat latihan PN di daerah Depok, Jakset atau Tangsel. mohon dshare ke 087730354810. terimakasih.

  36. assalamu’alaikum..
    saya ingin sekali bergabung dengan pagar nusa.
    tapi saya tidak tau di mana alamatnya..
    tolong kasih tau lewat sms/telpon ke nomer telepon saya 087886343374 alamatnya untuk daerah solo..

    terima kasih..

  37. assalamualaikum mas saya minta alamat pelatihan pagar nusa yang ada d surabaya dong kalau bisa sama nomer handphone saya pingin ikutan
    terimakasih

  38. assalamualaikum,
    sy Bakhrun Dari jombang cuma sekarang ada di surabaya mau ikut latihan PN di surabaya klo ada yg tau mohon Infonya ya ni no tlp saya 082331704531 mohon bantuannya ya Terima kasih

  39. assalamualaikum..
    saya mau tanyak nich.di denpasar bali ada gk ranting atau cabang dari pagar nusa.?
    monfon infonyaa..
    walaikum salam

  40. Perkenalkan saya dodik saya lulusan 2003/2004,saya lulusan dari sampung jawa timur
    Tinggal saya skarang daerah cibubur..saya pengen tau tempat latihan di depok sebelah mana ya
    Saya sudah lama ga melatih gerakan” silat saya klo boleh hubungi saya di 081311151843/ pin 3219E6DE. Trimakash

  41. Assallammu’alaikum. Saya mau tanya pendaftaran anggota baru wilayah surabaya dimana ya ? Kalau ada tolong kirim lwt sms ya 089677114585.
    Trima kasih. Wassallammu’alaikum..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s